Terbukti! Cara Mudah Membuat Website Bisnis untuk Pemula

Dunia bisnis tidak lagi sama dengan tahun-tahun lalu, apalagi selepas pandemi COVID-19. Tetapi kesemua itu tentu bisnis takkan lepas dengan marketing di dalamnya, dengan bagaimana cara mendatangkan pelanggan dan menjual produk, tentang bagaimana membangun brand dan mendapatkan customer yang loyal, memperkenalkan layanan dan client percaya.

Website adalah elemen penting yang kamu perlukan ketika hendak membuat profil online maupun membangun bisnis, sehingga bisnis kamu lebih kredibel, bisa dimuat dalam media dengan lebih bagus dan mudah di cari pada mesin penelusur. Kamu dapat menonjolkan apa saya yang ingin Anda tonjolkan baik itu produk, branding maupun keunggulan produk/jasa dibandingkan dengan merek kompetitor. Sehingga cara penjualan melalui website ini menjadi pilihan utama dan berjualan dengan toko fisik sekarang menjadi alternatif terbaik cara cepat mendatangkan pelanggan.

Pada artikel ini, kita akan membahas tuntas cara membuat website mulai dari nol sampai jadi. Nantinya, kamu akan mengerti bahwa membuat website itu ternyata mudah. Tak perlu mengkhawatirkan masalah teknis seperti coding atau programming, karena kamu tidak terlalu memerlukan hal-hal itu agar dapat membuat dan mengelola website.

Itulah kenapa banyak pengusaha kecil UMKM turut membuat website mereka karena berkeinginan untuk menyebarluaskan jangkauan penjualan dan image branding mereka. Contohnya penjual makanan khas daerah A dapat memasarkan produk mereka sehingga daerah lain yang tidak mempunyai produk sejenis juga dapat merasakannya. Apakah Anda juga tertarik membuat website untuk mengembangkan usaha UMKM Anda?

Terbukti! Cara Mudah Membuat Website Bisnis untuk Pemula
Designed by upklyak / Freepik

Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar “cara membuat website“? Sulit, tidak paham, butuh tenaga IT, butuh komitmen besar, atau bahkan menghabiskan banyak pengeluaran? Tunggu dulu, pertanyaan ini cukup kamu jawab dalam hati. Sekarang, saatnya persiapkan hati dan pikiranmu untuk mulai memahami cara membuat website berikut ini.

Berikut langkah awal cara membuat website bisnis bagi pemula

  1. Tentukan Tujuan Pembuatan Website
    Silakan tentukan tujuan website-mu terlebih dahulu. Tujuan ini nantinya berpengaruh besar terhadap cara membuat website yang sesuai dengan keinginan kamu. Biasanya, ada beberapa tujuan yang bisa kamu tentukan sesuai dengan ketertarikan atau niche-mu.

Contohnya, membuat website untuk pribadi (portfolio), website bisnis, website toko online, landing pages produk dll.

  1. Tentukan Platform Website
    Platform atau lebih mudah disebut CMS (Content Management System). Dengan adanya CMS kamu bisa membuat dan merubah konten website kamu tanpa harus mengerti bahasa pemrograman. Klak klik jadi!

Buang jauh-jauh pemikiran programming atau coding yang susah dan rumit untuk membuat website. Dengan CMS membuat website akan jauh lebih mudah. Pada artikel kali ini kita akan membahas cara membuat website menggunakan CMS WordPress.

a) Install WordPress pada versi terbarunya yaitu Auto Installer.
b) Ketikkan di Admin Area dengan mengetik domainanda(dot)com/wp-admin di bagian kolom browser supaya bisa masuk dalam dashboard WordPress. Pada halaman login, isi informasi yang telah anda buat saat proses install. Lewat panel back-end, Anda juga bisa mengelola konten serta juga user WordPress.
c) Pilih tema juga desain
Banyak tema dan desain yang bisa diterapkan pada situ Anda, Anda bisa mencari pilihan tema pada Appearance > Themes di dashboard, lihat pratinjau serta install tema pada repository tema WP, pilihlah Add New.
d) Halaman dan Konten dalam WordPress dapat di upload dengan tiga tipe konten yakni, halaman atau pages, postingan atau posts, serta media.
e) Ekstensi juga plugin, WordPress mempunyai kelebihan ada banyak plugin yang bisa di install supaya bisa menghadirkan banyak fitur dengan fungsi yang baru. Caranya, pilih Plugins, klik Add New, dan install yang Anda butuhkan, setelah diinstall akan tersimpan di Installed Plugins. Plugins bagus yang bisa Anda pilih yaitu :
· Yoast SEO
· All-in-One WP Migration
· WooCommerce dan ini biasanya plugins yang biasanya di gunakan dalam bisnis.
· Really Simple SSL
· Jetpack
· Contact Form 7
· Easy Table of Contents
· TinyPNG
· bbPress
· Beaver Builder

  1. Register Hosting dan Nama Domain
    Hosting merupakan tempa penytimpanan data website, sehingga website dapat diakses oleh public. Langkah selanjutnya dalam cara membuat website, adalah memilih hosting, baik provider maupun rencana paket yang akan digunakan. Bingung memilih hosting yang sesuai untuk website yang akan dibangun baca artiket Inilah Cara Terbaik Memilih Hosting Sesuai Kebutuhan Website . Jangan mudah tergiur hosting yang murah namun ternyata tidak dapat dipercaya.

Sedangkan Domain merupakan alamat website yang pada umumnya menggunakan .com, untuk mendapatkan nama yang unik untuk bisnis Anda bisa dilakukan dengan brainstorming dan Anda juga bisa menggunakan tool pengecekan ketersediaan nama domain. Penggunaan domain umumnya memakai (.com) dan alamat domain jangan terlalu panjang.

Setelah paham cara mudah membuat website bisnis untuk pemula dengan menggunakan WordPress, kamu sebagai pengelola harus bisa menjadi visioner. Jadi, kamu harus tahu bagaimana memfokuskan website pada bisnismu, disini kamu bisa menentukan halaman yang akan digunakan dan ditampilkan. Anda bisa membuat situs e-commerce dengan mempersiapkan produk serta belajarnya cara memperoleh user sebanyak-banyaknya.

Popular Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.